SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KECAMATAN SERPONG UTARA

Sosialisasi Undang-undang terkait Perlindungan Hak Perempuan di Kecamatan Serpong Utara

Sosialisasi Undang-undang terkait Perlindungan Hak Perempuan di Kecamatan Serpong Utara

WebSerut 24/05/2018 – Selasa 15 Mei 2018 lalu Anggota DPR RI Fraksi PAN Bapak Dr. M. Ali Taher, S.H., M.Hum mengadakan Sosialisasi Undang-undang terkait Perlindungan Hak Perempuan di Kecamatan Serpong Utara di Aula Kecamatan Serpong Utara dengan dihadiri oleh ibu-ibu warga Kecamatan Serpong Utara. Kegiatan ini beliau lakukan mengingat kepedulian beliau terhadap hak-hak perempuan yang seperti kita ketahui masih banyak yang belum terealisasikan.

Ingin tau Hak apa saja yang ingin diperjuangkan Bapak Ketua Komisi 8 DPR ini ? Berikut lima di antaranya yang kami rangkum dari Konvensi mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW), yang ditandatangani pada 1979 dalam konferensi yang diadakan Komisi Kedudukan Perempuan PBB.

1. Hak dalam ketenagakerjaan

Setiap perempuan berhak untuk memiliki kesempatan kerja yang sama dengan laki-laki. Hak ini meliputi kesempatan yang sama dari proses seleksi, fasilitas kerja, tunjangan, dan hingga hak untuk menerima upah yang setara.Selain itu, perempuan berhak untuk mendapatkan masa cuti yang dibayar, termasuk saat cuti melahirkan. Perempuan tidak bisa diberhentikan oleh pihak pemberi tenaga kerja dengan alasan kehamilan maupun status pernikahan.

2. Hak dalam bidang kesehatan

Perempuan berhak untuk mendapatkan kesempatan bebas dari kematian pada saat melahirkan, dan hak tersebut harus diupayakan oleh negara.Negara juga berkewajiban menjamin diperolehnya pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan KB, kehamilan, persalinan, dan pasca-persalinan.

3. Hak yang sama dalam pendidikan

Seperti salah satu poin perjuangan RA Kartini, setiap perempuan berhak untuk mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan, dari tingkat dasar hingga universitas. Harus ada penghapusan pemikiran stereotip mengenai peranan laki-laki dan perempuan dalam segala tingkatan dan bentuk pendidikan, termasuk kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa.

4. Hak dalam perkawinan dan keluarga

Perempuan harus ingat bahwa ia punya hak yang sama dengan laki-laki dalam perkawinan. Perempuan punya hak untuk memilih suaminya secara bebas, dan tidak boleh ada perkawinan paksa. Perkawinan yang dilakukan haruslah berdasarkan persetujuan dari kedua belah pihak.

5. Hak dalam kehidupan publik dan politik

Dalam kehidupan publik dan politik, setiap perempuan berhak untuk memilih dan dipilih.Setelah berhasil terpilih lewat proses yang demokratis, perempuan juga harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam perumusan kebijakan pemerintah hingga implementasinya.

Diharapkan kedepannya hak-hak perempuan ini dapat ditegakkan agar perempuan bisa benar-benar menjalani kehidupan yang adil. -Humas Serut

Kutipan : https://www.rappler.com/indonesia/130213-5-hak-perempuan-hari-kartini

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 12 =

Check Also

Close
Close