SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KECAMATAN SERPONG UTARA

Pelatihan Pengolahan Sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di Kecamatan Serpong Utara

Pelatihan Pengolahan Sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di Kecamatan Serpong Utara

WebSerut 16/07/2018 – Pemahaman masyarakat kota Tangerang Selatan akan pentingnya pemanfaatan sampah masih perlu ditingkatkan. Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan mencatat setiap keluarga menghasilkan sampah antara 0,8 kg sampai dengan 2kg per harinya . Namun kebanyakan dari kita tampaknya belum sadar akan pengelolaan sampah. Penyelesaian masalah sampah tidak bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan petugas kebersihan saja, seluruh lapisan masyarakat harus turut serta membantu pemerintah untuk bergerak bersama dalam menangani masalah sampah dalam wujud bank sampah. Sistem ini berfungsi mengelola sampah dengan menampung, memilah dan mendistribusikan sampah ke fasilitas pengelolaan sampah yang lain.

Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau dari proses alam yang berbentuk padat. Dampak Sampah terhadap kesehatan dan lingkungan adalah sebagai tempat berkembang biaknya vektor penyakit, tempat berkembang biaknya kuman penyakit juga sebagai pencemaran lingkungan dan penyebab banjir. Secara umum sampah dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu Sampah Organik dan Sampah Non Organik. Sampah organik adalah  sisa makanan dan sisa organisme, sedangkan sampah non organik adalah sampah yang memiliki nilai jual misalnya sampah plastik, kaca beling, logam, kertas, dll.

Dampak dari SAMPAH yang tidak dikelola mengakibatkan banjir, longsor, menghadirkan bau tidak sedap dan membawa wabah penyakit. Solusinya adalah mengubah gaya hidup dengan memilah sampah yang organik dan non organik. Untuk Sampah organik adalah Komposting dan Non Organik diberikan ke pengelola bank sampah. Bank Sampah adalah suatu organisasi atau wadah yang memiliki konsep seperti perbankan, dengan melakukan penerimaan dan penyetoran tabungan dari masyarakat berupa barang bekas atau sampah non organik kering yang memiliki nilai ekonomi yang berasal dari rumah tangga atau lembaga.

Berikut kami bagikan beberapa potret kegiatan Pelatihan Pengolahan Sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di Kecamatan Serpong Utara. – Humas Serut

                    

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =

Close