SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KECAMATAN SERPONG UTARA

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Serpong Utara Tahun 2018

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Serpong Utara Tahun 2018

WebSerut, 20/02/2018

Pada pagi hari ini hingga siang tadi Kantor Kecamatan Serpong Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Serpong Utara. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Bapak Bani Khosyatulloh selaku Camat Serpong Utara berlangsung dengan sangat tertib. Selain Bapak Camat hadir pula Ibu Airin Rachmi Diany, SH.MH selaku Walikota Tangerang Selatan sekaligus Pembuka Acara Musrenbang Tingkat Kecamatan Serpong Utara, Kemudian para Narasumber terkait seperti Ibu Oom Komalasari dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bapak Armen John dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Bapak Agus Budi Darmawan Perwakilan dari Dinas Pariwisata, serta Para RT/RW, Pemuda, Organisasi, Perangkat Kelurahan, Dinas Terkait dan para Tokoh Masyarakat.

Salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pemerintahaan yang baik (Good Governance) adalah dibukanya peluang bagi masyarakat dalam turut serta dalam pengambilan keputusan pembangunan, termasuk aspek perencanaan. Ruang yang disiapkan bagi keikutsertaan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan adalah Musrenbang yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari desa sampai tingkat nasional.

Kegiatan musrenbang tidak hanya menjadi wadah bagi penyusunan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Musrenbang harus dipandang sebagai saluran resmi yang dipersiapkan untuk mengkanalisasi aspirasi masyarakat dalam rangka memperoleh akses yang memadai dalam kebijakan penganggaran pembangunan. Untuk itu, maka mutu proses dan mutu hasil Musrenbang akan sangat menentukan efektifitas penyaluran aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai melalui pelaksanaan Musrenbang Kecamatan, yaitu :

  1. Terwujudnya singkronisasi dan keselarasan antar berbagai usulan kegiatan yang dihasilkan melalui Musrenbang Kelurahan.
  2. Terbangunnya kesepakatan dari berbagai stakeholders se kecamatan tentang skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun.
  3. Disepakatinya rangking/prioritas kegiatan yang akan memperoleh pendanaan dari program yang akan masuk di kecamatan, seperti PNPM Mandiri perdesaan, PNPM P2SPP, dan sebagainya.
  4. Disepakatinya kegiatan-kegiatan yang akan diusulkan kepada SKPD dalam rangka penyusunan Renja SKPD.
  5. Disepakatinya Delegasi Kecamatan yang akan hadir dalam Musrenbang Kota Tangerang Selatan.

Hasil yang diharapkan

  1. Adanya rumusan Rencana Kerja Pembangunan Kecamatan (RKP Kecamatan).
  2. Tersusunnya rangking/Prioritas kegiatan yang akan didanai melalui Program yang masuk di kecamatan, seperti PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM P2SPP, dan sebagainya.
  3. Adanya Daftar Usulan Rencana Kerja Pembangunan Kecamatan (DURKP Kecamatan) yang diajukan dalam Musrenbang Kabupaten.
  4. Adanya daftar Delegasi Kecamatan yang akan berpartisipasi dalam Musrenbang Kecamatan.
  5. Adanya Berita Acara Musrenbang Kecamatan.

 

Referensi : https://zainulhadi.wordpress.com/2011/01/19/musyawarah-perencanaan-pembangunan-kecamatan-musrenbang-kecamatan/

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =

Close