SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KECAMATAN SERPONG UTARA

Lokakarya Mini UPT Puskesmas Pakualam Kecamatan Serpong Utara

Lokakarya Mini UPT Puskesmas Pakualam Kecamatan Serpong Utara

WebSerut, 13/03/2018 – Beberapa hari lalu Puskesmas Pakualam mengadakan Lokakarya Mini yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Serpong Utara, acara yg dihadiri oleh para tamu undangan dari Kelurahan Pakualam, Pakulonan dan Pakujaya ini pun berlangsung dengan lancar. Lokakarya mini puskesmas adalah salah satu bentuk upaya untuk penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan puskesmas melalui pertemuan (Depkes RI, 2006). Puskesmas mempunyai kewenangan untuk melakukan pengelolaan program kegiatannya, untuk itu perlu di dukung kemampuan manajemen yang baik. Manajemen Puskesmas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergik yang meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian.

Sesuai dengan yang tersebut di dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN – 2004) bahwa Puskesmas merupakan unit pelaksanaan pelayanan kesehatan tingkat pertama. Adapun fungsi Puskesmas ada tiga yaitu : sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan , sebagai pusat pemberdayaan masyarakat dan keluarga serta sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama. Dalam melaksanakan kegiatannya Puskesmas mengacu pada 4 azas penyelenggaraan yaitu wilayah kerja, pemberdayaan masyarakat, keterpaduan dan rujukan.

Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas Merupakan pemantauan hasil kerja petugas puskesmas dengan cara membandingkan rencana kerja bulan lalu dari setiap petugas dengan hasil kegiatannya dan membandingkan cakupan kegiatan dari daerah binaan dengan targetnya serta tersusunnya rencana kerja bulan berikutnya.

  

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 17 =

Close