SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KECAMATAN SERPONG UTARA

Kegiatan Akselerasi Perbaikan Gizi pada 1000 hari pertama kehidupan di Kecamatan Serpong Utara

Kegiatan Akselerasi Perbaikan Gizi pada 1000 hari pertama kehidupan di Kecamatan Serpong Utara

WebSerut 19/07/2018 – Selasa 17 Juli 2018 lalu Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan mengadakan acara Akselerasi Perbaikan Gizi pada 1000 hari pertama kehidupan yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Serpong Utara. Acara yang dihadiri oleh perwakilan ibu ibu hamil yang merupakan warga se-Kecamatan Serpong Utara   dengan pemberian materi dari 2 Narasumber yakni Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan Ibu Hj. Sri Badriyanti, S.St dan dr.Rita Julianti. Untuk mencetak anak Indonesia yang sehat dan cerdas, langkah awal yang paling penting untuk dilakukan adalah pemenuhan gizi pada anak sejak dini, bahkan saat masih di dalam kandungan atau yang dikenal dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). 1000 HPK dimulai sejak dari fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari).

       

Seribu hari pertama kehidupan telah disepakati oleh para ahli di seluruh dunia sebagai saat yang terpenting dalam hidup seseorang. Sejak saat perkembangan janin di dalam kandungan, hingga ulang tahun yang kedua menentukan kesehatan dan kecerdasan seseorang. Makanan selama kehamilan dapat mempengaruhi fungsi memori, konsentrasi, pengambilan keputusan, intelektual, mood, dan emosi seorang anak di kemudian hari.

       

Pada fase kehamilan, perkembangan janin terjadi di setiap trimester kehamilannya, diantaranya:

  • Trimester 1 (minggu 1-12), Pembentukan organ-organ penting (mata, jantung, ginjal, hati, saluran pencernaan, paru-paru, tulang, tangan atau lengan, kaki, dan organ tubuh lainnya)
  • Trimester 2 (minggu 13-27), Berat janin mulai bertambah, organ mulai berfungsi
  • Trimester 3 (minggu 28-40), Berat janin mulai bertambah dengan pesat, organ mulai matang

Setelah lahir juga tetap harus diperhatikan kebutuhan gizinya karena sebagian organ masih terus berkembang hingga usia 2 tahun, misalnya otak. Perkembangan fungsi melihat, mendengar, berbahasa, dan fungsi kognitif juga mencapai puncaknya pada usia 0-2 tahun.

Berikut kami bagikan beberapa potret Kegiatan Akselerasi Perbaikan Gizi pada 1000 hari pertama kehidupan di Kecamatan Serpong Utara. – Humas Serut

   

    

Referensi : http://lagizi.com/1000-hari-pertama-kehidupan-untuk-generasi-yang-lebih-baik/

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − one =

Close